Berapa Lama Air Purifier Dinyalakan ?

berapa lama air purifier dinyalakan

Berapa lama air purifier dinyalakan agar pembersihan udara mendapatkan hasil yang maksimal. Pertanyaan ini sering kali ditanyakan bagi mereka yang sudah memiki Air Purifier.

Karena memang ada batas waktu juga untuk pemakaian dari filter air purifier agar bisa tetap membersihkan udara dengan baik.

Kita akan membahas satu persatu. Dimulai dari lama air purifier dinyalakan sampai dengan berapa lama ganti filter air purifier yang direkomendasikan.

Berapa Lama Air Purifier Dinyalakan

Kita tahu sendiri bahwa dimusim pandemi ini ada baiknya juga untuk selalu menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Air Purifier yang berfungsi untuk membersihkan udara di ruangan sekitar.

Memang untuk yang lebih amannya adalah air purifier dinyalakan selama 24 jam sehari. Namun tentunya ini akan berdampak pada penggunaan filternya juga.

Karena jika sering digunakan maka akan cepat pula untuk mengganti filter atau membersihkan filternya. Jika begitu kamu bisa menggunakan cara ini :

1. Berapa Lama Menjalankan Air Purifier

Untuk di ruangan yang sering dilalui orang, misalnya di kantor, toko atau tempat umum. Ada baiknya untuk menyalakannya 24 jam atau pada saat kantor atau ruangan tersebut ada aktifitas orang banyak.

Atau jika ingin hemat, kamu bisa menyalakannya selama 12 jam sehari dengan penggunaan yang tepat. Pada jam jam awal dimana banyak karyawan atau orang yang beraktifitas keluar masuk bisa di setel dengan kecepatan penuh.

Setelah itu bisa diturunkan kecepatannya menjadi lebih rendah. Kamu juga bisa menggunakan fungsi timer untuk melakukan setel penggunaan dari air purifier ini.

Untuk di dalam ruangan atau dirumah, air purifier bisa dinyalakan pada siang hari, sore atau malam hari. Atau bisa dinyalakan pada siang dan malam saja.

Karena aktifitas dirumah tidak banyak yang keluar masuk maka, jika sudah selesai bisa dimatikan pada saat semua orang sudah didalamnya setelah 3-5 jam kemudian.

2. Berapa Lama Air Purifier Membersihkan Udara Di Kamar ?

Biasanya untuk air purifier mampu membersihkan udara di dalam kamar atau ruangan adalah dimulai dari waktu 30 menit sampai 2 jam. Hal ini juga tergantung dnegan air purifier yang digunakan. Karena banyak merek air purifier yang beredar dengan spesifikasi yang berbeda beda pula.

Kamu bisa merasakannya sendiri ketika 20 menit pertama air purifier dinyalakan awal awal dan bisa langsung merasakan perbedaan kualitas udara dalam ruangan tersebut.

Agar bisa lebih maksimal, ada beberapa kondisi agar air purifier berjalan maksimal. Ini tergantung dari tingkat ekstraksi perubahan udara perjam, jenis dan model sampai dengan besarnya ruangan yang perlu dibersihkan.

Tingkat ekstraksi ini adalah berapa banyak udara yang bisa dibersihkan dari satu ruangan dalam satu jam pertama. Misalnya, air purifier HEPA yang bisa bekerja 4 kali pergantian udara per jam lebih cepat dibanding air purifier biasa tanpa HEPA.

Lokasi dan cuaca juga menjadi faktor lamanya air purifier bisa membersihkan ruangan. Misal dalam musim panas dibutuhkan waktu yang lebih lama dibanding musim dingin.

3. Berapa Lama Filter Air Purifier Bertahan ?

Selanjutnya adalah masa pakai dari filter pembersih udara ini. Berapa lamanya ini bisa tergantung dari beberapa faktor. Seperti jenis filter, ukuran dan penggunaannya.

Untuk jenis filter HEPA yang besar bisa bertahan selama 5 tahun pemakaian dengan kondisi yang tepat guna.

Dan bagi air purifier yang menggunakan filter karbon, umur rata rata adalah antara 3-5 tahun. Namun ini hanya patokan secara mumum saja. Karena beda merek dan jenis tentu tidak memiliki spesifikasi yang sama juga.

Untuk itu ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu buku manual dari air purifier yang kamu gunakan. Atau bisa tanyakan kepada merek terkait untuk masa penggunaannya.

4. Kapan Harus Mengganti Filter Air Purifier

Ada berbagai macam merek yang beredar dipasaran. Biasanya akan ada indikator dari alat ini untuk menginformasikan kapan harus mengganti filter air purifier tersebut.

Jadi ada kamu bisa cari terlebih dahulu lampu indikator dari pembersih udara ini atau bisa cek di buku manualnya.

Jika tidak ada kamu bisa cek secara berkala mengenai perkiraan kapan harus dilakukan pergantian filter air purifier ini. Atau sebelum membeli kamu bisa tanya langsung ke salesnya untuk kapan waktu filter ini diganti.

Baca Juga >>> Rekomendasi Air Fryer Dibawah 500 Watt – 1000 Watt Murah <<<

Penutup

Itu tadi informasi mengenai berapa lama air purifier dinyalakan dan juga mengenai kapan waktu yang pas untuk mengganti filter air purifier baik yang HEPA maupun yang masih menggunakan karbon. Berapa lama air purifier dinyalakan jawabanya adalah minimal 12 jam jika dikondisi ruangan yang penuh aktifitas.

Dan untuk ruangan rumah bisa dinyalakan selama 3 jam saja atau pada saat ada tamu yang datang dari luar. Untuk waktu penggantian filter antara 3-5 tahun tergantung dari jenis filter yang digunakan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini mengenai air purifier dinyalakan dalam ruangan beserta dengan jangka waktunya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.


Notice: Undefined variable: point_single_tags_section in /var/www/vhosts/tipsgaptek.com/httpdocs/wp-content/themes/point/single.php on line 83
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *