Berapa Biaya Ganti Backlight TV LED ?

close

Biaya Ganti Backlight TV LED

Biaya ganti backlight TV Led apakah mahal atau apa saja kerusakan yang dialami untuk TV LED ini? Jika Anda sedang mengalami masalah dengan TV LED Anda, seperti tampilan yang gelap atau warna yang tidak sesuai, maka mungkin backlight TV LED Anda sudah rusak. Untuk mengatasinya, Anda bisa memperbaiki backlight TV LED dengan menggantinya.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengganti backlight TV LED, Anda perlu mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan dan apa saja part yang harus diganti. Berikut adalah informasi terkait biaya ganti backlight TV LED. Simak penjelasannya dibawah ini.

Daftar isi

Apa itu Backlight TV LED?

Sebelum membahas tentang biaya ganti backlight TV LED, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu backlight TV LED. Backlight TV LED adalah lampu LED yang terletak di belakang layar TV LED. Backlight ini berfungsi untuk memberikan cahaya pada layar TV LED agar tampilan gambar terlihat lebih terang dan jelas. Tanpa backlight, gambar di TV LED akan tampak gelap dan sulit untuk dilihat.

Mengapa Backlight TV LED Bisa Rusak?

Ada beberapa alasan mengapa backlight TV LED bisa rusak, antara lain karena usia backlight sudah tua, overheat, terlalu sering digunakan, atau karena faktor lain seperti kerusakan pada power supply atau motherboard TV LED.

Apa Saja yang Perlu Diganti pada Backlight TV LED?

Jika Anda ingin mengganti backlight TV LED, maka ada beberapa part yang perlu diganti, yaitu backlight strip, inverter, dan power supply. Backlight strip adalah strip LED yang terletak di belakang layar TV LED. Inverter berfungsi untuk mengontrol cahaya pada backlight strip. Power supply berfungsi untuk mengatur arus listrik pada backlight strip dan inverter.

Berapa Biaya Ganti Backlight TV LED?

Biaya ganti backlight TV LED bervariasi tergantung pada ukuran TV LED dan mereknya. Harga untuk mengganti backlight TV LED berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000. Biaya ini belum termasuk biaya jasa teknisi atau montir.

Harga Backlight Strip

Harga backlight strip bervariasi tergantung pada ukuran TV LED dan mereknya. Harga untuk membeli backlight strip berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000.

Harga Inverter

Harga inverter juga bervariasi tergantung pada ukuran TV LED dan mereknya. Harga untuk membeli inverter berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000.

Harga Power Supply

Harga power supply juga bervariasi tergantung pada ukuran TV LED dan mereknya. Harga untuk membeli power supply berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 2.000.000.

Biaya Jasa Teknisi atau Montir

Biaya jasa teknisi atau montir juga bervariasi tergantung pada lokasi dan tingkat kesulitan pekerjaan. Biaya jasa teknisi atau montir untuk mengganti backlight TV LED berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Baca Juga >>> Berapa Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge ? <<<

Jasa Dan Harga Service TV LED Layar Bergaris Murah?

Kesimpulan

Mengganti backlight TV LED dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tampilan TV LED yang gelap atau warna yang tidak sesuai. Namun, biaya untuk mengganti backlight TV LED bisa cukup mahal tergantung pada ukuran TV LED dan mereknya. Selain itu, ada beberapa part yang perlu diganti seperti backlight strip, inverter, dan power supply.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa mencoba mengganti backlight strip terlebih dahulu sebelum mengganti inverter atau power supply. Namun, jika TV LED Anda masih dalam masa garansi, sebaiknya Anda tidak mengganti backlight TV LED sendiri karena dapat membatalkan garansi. Sebaiknya Anda membawa TV LED Anda ke pusat servis resmi dari merek TV LED yang Anda miliki.

Dalam melakukan penggantian backlight TV LED, pastikan Anda memilih teknisi atau montir yang berpengalaman dan terpercaya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada TV LED Anda. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa TV LED Anda akan berfungsi dengan baik dan tampilan gambar menjadi lebih jelas dan terang seperti semula.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *