Biaya & Harga Service Laptop Mati Total

harga service laptop mati total

Harga service laptop mati total yang harus persiapkan sebelum melakukan perbaikan. Jika kamu memiliki masalah laptop yang mati total, maka coba untuk membaca ulasan berikut ini. Kamu juga harus tahu mengapa dan penyebab laptop mati total dan tidak bisa dihidupkan.

Ada beberapa komponen yang harus kamu perhatikan ketika laptop mati dan tidak bisa menyala. Karena ini akan menyesuaikan dengan biaya service dan pergantian partnya.

Tidak seperti kerusakan pada keyboard, layar atau lainnya, Laptop yang mati total biasanya lebih sulit untuk diperbaiki. Dan banyak kasus yang mengharuskan pergantian spare part agar laptop normal kembali.

Nah, berikut ini tipsgaptek akan membahas lengkap mengenai harga perbaikan laptop mati total beserta kerusakan apa saja penyebab dari laptop yang tidak bisa menyala kembali. Simak ulasannya berikut ini.

Berapa Harga Service Laptop Mati Total

Untuk biaya pastinya akan berbeda beda tergantung dari jenis kerusakan, service apa saja yang dilakukan dan juga tempat kamu melakukan perbaikannya.

Tanpa pergantian sparepart untuk service laptop yang mati total berkisar antara Rp 150.000 sampai dengan Rp 700.000. Kamu jangan panik terlebih dahulu, karena ada kemungkinan laptop yang mati total hanya karena masalah software, bios atau konslet di soket atau kabelnya.

Biaya diatas juga bisa bertambah jika diharuskan untuk mengganti part seperti Motherboard, VGA, Processor dan lainnya.

Kami sarankan ketika kamu membawa laptop ke tempat service untuk diberikan informasi ketika ada part yang harus diganti dan part apa saja yang rusak. Jika kamu jeli, kamu bisa mendapatkan part yang lebih murah dengan membeli di marketplace dan tinggal mengganti part yang rusak tersebut.

Atau ketika estimasi biaya yang diberikan oleh toko service terlalu tinggi, coba kamu mencari rekomendasi tukang service laptop lainnya terlebih dahulu. Jika biayanya masih tinggi biasanya teknisi akan merekomendasikan untuk menjual laptop tersebut.

Berikut ini beberapa kasus permasalahan mengenai laptop yang mati total beserta dengan estimasi biaya service laptopnya.

1. Service Motherboard Laptop

Ini merupakan komponen hardware laptop yang paling vital. Meskipun masih ada kemungkinan untuk bisa diperbaiki namun jika diharuskan ganti maka harganya juga cukup tinggi.

Untuk kerusakan yang ringan maka biaya servicenya sekitar Rp 200.000 sampai dengan Rp 500.000. Sedangkan jika kerusakan yang berat bahkan diharuskan mengganti mainboard, maka harganya bisa sampai jutaan.

2. Kerusakan Pada BIOS Laptop

Bios juga bisa menjadi penyebab laptop mati dan tidak bisa dihidupkan. Ada kemungkinan kamu bisa melakukan flash bios dengan harga yang lebih murah sekitar 150rb sampai 300rb saja. Atau hanya melepas ic bios dari mobo dan melakukan flash menggunakan alat khusus.

3. Hardisk Rusak

Ada kemungkinan lainnya untuk hardisk yang rusak. Jika hardisk ini rusak maka pasti laptop tidak akan mati. Disini kamu bisa mengganti hardisk dengan SSD untuk upgrade lebih cepat. Tentu saja besaran harga SSD ini juga beragam mulai dari 300rb samoai dengan jutaan tergantung besar kecilnya kapasitas SSD.

4. Jika Tidak Bisa Diperbaiki Lagi

Biasanya nanti teknisi akan memberikan informasi apakah kerusakan laptop bisa diperbaiki atau tidak. Kamu bisa tanyakan dulu berapa estimasi biaya servis dan termasuk ganti partnya. Lakukan perbandingan dengan toko service laptop lainnya juga.

Jika masih tetap mahal, maka solusinya cuman satu yaitu mengganti dengan laptop yang baru. Dan jika ini terjadi kamu bisa mengambil beberapa part yang bisa digunakan.

Jangan lupa untuk lepas hardisk dan gunakan menjadi hardisk eksternal. Lumayan kan kamu bisa mendapatkan hardisk eksternal dengan harga yang lebih murah. Sedangkan untuk part lainnya bisa kamu jual saja.

Admin tipsgaptek punya pengalaman tentang laptop yang mati total. Untuk jual beli laptop yang mati dan tanpa hardisk bisa dihargai Rp 500.000 tergantung dengan apakah part lainnya masih layak atau tidak. Karena masih banyak part lainnya yang bisa dijual kembali seperti layar, keyboard dan lainnya.

Baca Juga >>> Biaya Service Speaker Laptop Dan 3 Kerusakannya <<<
>>> Kisaran Biaya Engsel Laptop Rusak Dan Servicenya <<<

Penutup

Itu tadi beberapa tips dan informasi mengenai harga service laptop mati total beserta dengan macam kerusakannya. Memang menurut kami laptop juga ada batas usia penggunaannya. Dan jika tidak dirawat atau tidak dibersihkan dengan rutin banyak faktor yang bisa membuat laptop menjadi cepat rusak.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai biaya memperbaiki laptop mati total dan informasi lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan semoga laptop kamu bisa cepat normal kembali.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.