Berapa Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge ?

close

Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge

Biaya service laptop tidak bisa charge sangat variatif tergantung dari part apa yang rusak. Dan menurut kami ini harus dilakukan oleh yang ahli. Jadi jangan coba coba untuk memperbaikinya sendiri kalau kamu tidak mengetahui teknisnya.

Jika Anda mengalami masalah di mana laptop Anda tidak bisa charge, tentunya hal ini sangat mengganggu, terutama jika Anda membutuhkan laptop untuk bekerja atau belajar. Ada banyak alasan mengapa laptop Anda tidak bisa charge, mulai dari kabel charger yang rusak, masalah pada port charger, atau bahkan masalah pada baterai laptop.

Namun, sebelum membawa laptop Anda ke tempat service, ada baiknya untuk mengetahui biaya service laptop tidak bisa charge terlebih dahulu.

Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge

Ada part yang masih bisa diservice dan ada part yang memang harus diganti dengan yang baru. Seperti baterai, kabel, port dan hardware lainnya memang harus diganti agar lebih maksimal. Karena kalau masalahnya mengenai Power laptop yang tidak masuk ini harus menggunakan part yang masih bagus. Berikut beberapa daftarnya yang bisa kami tampilkan.

Biaya Service Kabel Charger

Salah satu alasan mengapa laptop Anda tidak bisa charge adalah karena kabel charger yang rusak. Jika kabel charger Anda mengalami kerusakan, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Biaya untuk mengganti kabel charger bervariasi tergantung pada merek dan tipe laptop yang Anda miliki. Namun, secara umum, biaya untuk membeli kabel charger baru berkisar antara Rp100.000 hingga Rp500.000.

Biaya Service Port Charger

Jika kabel charger Anda dalam kondisi baik namun laptop Anda masih tidak bisa charge, kemungkinan besar masalahnya terletak pada port charger. Port charger yang rusak dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti terkena air atau terjatuh. Biaya untuk memperbaiki port charger bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan dan merek laptop yang Anda miliki. Secara umum, biaya untuk memperbaiki port charger berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

Biaya Service Baterai Laptop

Jika kabel charger dan port charger dalam kondisi baik namun laptop Anda masih tidak bisa charge, kemungkinan besar masalahnya terletak pada baterai laptop. Baterai laptop yang sudah habis umur atau rusak dapat menyebabkan laptop Anda tidak bisa charge. Biaya untuk mengganti baterai laptop tergantung pada merek dan tipe laptop yang Anda miliki. Secara umum, biaya untuk mengganti baterai laptop berkisar antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000.

Biaya Service Charger Port dan Baterai Laptop

Jika masalahnya terletak pada kedua komponen tersebut, maka biaya untuk service charger port dan baterai laptop juga berbeda. Biaya untuk mengganti kedua komponen ini tergantung pada merek dan tipe laptop yang Anda miliki. Secara umum, biaya untuk mengganti charger port dan baterai laptop berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000.

Biaya Service DC Jack

DC jack adalah port tempat kabel charger terhubung ke dalam laptop. Jika DC jack rusak, maka kabel charger tidak bisa terhubung dengan laptop sehingga laptop tidak bisa charge. Biaya untuk memperbaiki DC jack bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan dan merek laptop yang Anda miliki. Secara umum, biaya untuk memperbaiki DC jack berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.500.000.

Biaya Service Power Board

Power board adalah board yang berfungsi untuk mengatur arus listrik yang masuk ke dalam laptop. Jika power board mengalami kerusakan, maka laptop Anda tidak akan bisa charge. Biaya untuk memperbaiki atau mengganti power board bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan dan merek laptop yang Anda miliki. Secara umum, biaya untuk service power board berkisar antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000.

Biaya Service Power Supply

Power supply adalah unit yang mengatur dan menyediakan listrik untuk semua komponen di dalam laptop. Jika ada masalah pada power supply, seperti over voltage atau over current, maka laptop Anda tidak bisa charge. Biaya untuk memperbaiki atau mengganti power supply bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan dan merek laptop yang Anda miliki. Secara umum, biaya untuk service power supply berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000.

Baca Juga >>> Berapa Biaya Service Flexgate MacBook Pro <<<
>>> Berapa Biaya Ganti Backlight TV LED ? <<<
>>> Daftar Biaya Ganti IC Power Laptop <<<

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai penyebab dan solusi untuk masalah laptop yang tidak bisa charge. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk baterai yang rusak, charger yang tidak berfungsi, masalah pada port charger, kerusakan pada komponen hardware seperti power IC, motherboard, atau power supply, dan masalah software seperti virus atau malware.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda dapat mencoba beberapa solusi sederhana seperti membersihkan port charger atau mengganti baterai laptop. Namun, jika masalahnya lebih serius, sebaiknya dibawa ke tempat service untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

Biaya untuk service laptop yang tidak bisa charge bervariasi tergantung pada masalahnya dan merek laptop yang Anda miliki, namun secara umum berkisar antara Rp100.000 hingga Rp2.000.000. Sebaiknya periksa juga garansi laptop Anda, karena beberapa merek laptop mungkin masih memiliki garansi yang dapat mengurangi biaya service.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *