close

Biaya Service Speaker Laptop Dan 3 Kerusakannya

biaya service speaker laptop

Biaya service speaker laptop yang rusak, cempreng atau bocor. Jika kamu memiliki masalah dengan speaker laptop dan ingin memperbaikinya maka tepat sekali untuk membaca artikel ini sebelumnya.

Terkadang memang ada kendala dalam masalah speaker. Memang terlihat sepele namun speaker ini juga sangat dibutuhkan untuk aktivitas sehari hari.

Banyak kejadian ketika kamu sedang instal ulang windows dan tiba tiba speaker mati. Jangan panik dulu, karena itu hanya masalah teknis saja. Berbeda jika tiba tiba speaker mati atau cempreng kemudian mati total. Ada kemungkinan untuk service speaker laptop atau harus ganti hardware.

Nah, berikut ini tipsgaptek akan membahas tuntas mengenai harga service speaker laptop tidak berfungsi dan informasi lainnya untuk cara memperbaikinya. Simak ulasannya berikut ini.

Biaya Service Speaker Laptop

Kalau untuk speaker laptop yang rusak memang ada beberapa penyebabnya. Misalnya karena faktor usia, salah instal driver, kabel konslet, terkena air atau karena mainboard yang rusak.

Jika kamu memiliki garansi laptop maka bisa langsung mendatangi ke service center yang ada dikota kamu. Namun jika tidak maka kamu harus menyiapkan biaya untuk servicenya.

Untuk harga service sound laptop ini bermacam macam tergantung dari kerusakannya. Misalnya :

  • Instal ulang driver speaker laptop di harga Rp 50 ribu.
  • Untuk service seperti membersihkan, cek jika ada kabel yang putus maka jasanya Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu.
  • Sedangkan untuk biaya ganti speaker laptop dikenakan harga Rp 200 ribu sampai Rp 350 ribu.

Naik turunnya tergantung dari jenis dan merek laptop yang kamu miliki ya. Dan juga pastinya akan berbeda juga jika service di service center resmi laptop.

Namun sebelum kamu berencana untuk memperbaiki speaker laptop, ada baiknya untuk cek sendiri terlebih dahulu. Berikut ulasannya sebelum kamu servis speaker laptop :

1. Instal Ulang Driver Speaker Laptop

Ada kemungkinan penyebabnya adalah di software. Ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan jika kamu tidak paham untuk bongkar laptop.

Setiap pembelian laptop biasanya diberikan cd driver. Kamu bisa cek di cd driver ini apakah ada untuk instal driver speaker. Jika tidak ada kamu bisa mencarinya sendiri melalui internet di situs resmi laptop yang kamu miliki.

Pastikan untuk tipe dan mereknya sama. Jika sudah download coba untuk instal ulang saja driver speaker ini. Jika ada perubahan maka seharusnya speaker bisa berbunyi normal kembali.

2. Cek Untuk Kondisi Default Speaker

Biasanya ini terjadi ketika kamu sering menggunakan headset atau speaker blouthoth. Biasanya default speaker menyambung ke perangkat lain. Kamu bisa cek dengan cara :

  • Buka control panel. Masuk ke menu “Hardware and sounds” > “Sounds”
  • Lalu cek dan settings di menu tersebut.
  • Setting juga speakernya di control panel.
  • Coba tes apakah ada perbedaannya atau tidak.

3. Membersihkan Internal Speaker Laptop

Ini kami rekomendasikan bagi kamu yang sudah terbiasa membongkar pasang laptop sendiri. Kamu bisa cek di bagian soket speaker dan sekalian membersihkannya. Ada kemungkinan debu, air dan benda lainnya yang masih tertinggal disana.

Disini sekalian kamu cek kabel kabel yang ada di speaker apakah ada yang putus atau rusak gosong. Kalau ada yang putus kamu bisa solder kembali. Namun jika ragu bisa langsung membawa ketukang service laptop.

Baca Juga >>> Harga Service Motherboard Laptop <<<
>>> Biaya & Harga Service Laptop Mati Total <<<

Penutup

Itu tadi beberapa informasi mengenai biaya service speaker laptop berapa dan cara mengatasinya. Usahakan untuk mencari tempat service yang sudah direkomendasikan. Kamu bisa bertanya ke teman atau bisa mencarinya berdasarkan ulasan di google maps.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai harga service speaker laptop diatas. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencobanya semoga laptop kamu bisa normal kembali.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.