5 Cara Autentikasi Google Play Di Xiaomi Dan HP Lain

TipsGaptek.com – Karena pengguna hp dengan merk dagang Xiaomi sedang meningkat maka kali ini kita akan membahas mengenai cara autentikasi google play di xiaomi. Namun cara ini juga ternyata work untuk hp merk oppo, samsung, vivo dan smartphone android lainnya.

cara autentikasi google play di xiaomi

Ada kalanya pada sistem hp kamu akan muncul peringatan untuk autentikasi masuk ke akun google dan kamu tidak bisa masuk ke play store. Hal ini sangat sering terjadi di berbagai macam android saat ini karena aplikasi play store yang sering crash atau terjadinya eror.

Hal yang biasanya terjadi adalah di sistem hp kamu ada sebuah notifikasi yang muncul seperti “Google play authentication is required” atau kalau di terjemahkan adalah kamu memerlukan autentukasi google play. Diperlukan autentikasi anda perlu masuk ke akun google maksudnya apa ? Berikut penjelasannya :

Penjelasan

Sebelum kita masuk ke bagian caranya ada baiknya kamu tahu apa itu autentikasi pada google play di smartphone xiaomi atau hp lainnya.

Authentification atau Autentikasi adalah suatu proses dari sistem untuk menindaklanjuti keabsahan atau bukti validasi terhadap identitas dari pengguna yang ingin mengakses masuk kedalam sistem.

Biasanya proses yang diminta adalah dengan menunjukkan nama dan password dari pengguna untuk tanda bahwa kamu adalah orang yang memiliki akun tersebut dan bisa mengakses sistem didalamnya.

Sebenarnya ini hanya bentuk perlindungan dari sistem itu sendiri agar tetap menjaga privasi dan keamanan akun kamu kedepannya. Namun jika kamu merasa kebingungan karena lupa dengan username dan password akun kamu maka ada cara untuk mengatasinya. Jadi jangan khawatir  dengan masalah cara mengatasi masalah autentikasi play store.

Cara autentikasi google play di xiaomi atau di merek hp android lainnya

Akan ada 3 cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah autentikasi play store. Kamu bisa menggunakan salah satunya atau jika memang diperlukan kamu bisa menggunakan seluruh cara dibawah ini. Sistem meminta autentikasi ini biasanya karena perangkat hp xiaomi kamu tidak mumpuni dari segi spesifikasinya atau kamu menggunakan play store versi terbaru.

Berikut cara mengatasinya :

  1. Instal Ulang Pembaruan Sistem Aplikasi Google Play Store

Cara yang pertama adalah dengan menghapus pembaruan aplikasi google play store kamu dan coba kembali untuk menginstal pembaruannya. Biasanya hal ini karena google play crash dengan pembaruan atau update sistem di hp kamu.

Caranya adalah dengan pergi ke menu “ Settings /pengaturan > Manage Apps > Cari aplikasi Google Play Store lalu klik > Pilih menu “Uninstall Updates”

Jika sudah maka selanjutnya adalah mengunduh kembali versi terbarunya kembali. Jika sudah terinstall coba kamu restart hp kamu untuk testing apakah sudah berhasi atau belum.

  1. Force Stop atau Paksa Untuk Berhenti

Ini merupakan cara yang paling simple untu mengatasi masalah autentikasi play store dengan cara melakukan force stop atau paksa aplikasi untuk berhenti. Caranya adalah

Masuk menu Setting / pengaturan > Manage Apps / Pengelola aplikasi > Cari aplikasi Google Play Sore Lalu klik > Cari menu “Force Stop” atau paksa berhenti kemudian klik.

Dengan cara ini maka aplikasi ini akan otomatis berhenti beroperasi dengan paksa dan jika sudah kamu bisa reboot hp kamu untuk melihat apakah ada perubahan atau tidak.

  1. Hapus Data / Clear Data Aplikasi Google Play Store

Masih menggunakan cara yang sama yaitu dengan menghapus data kamu atau clear data aplikasi google play store kamu. Mungkin dengan menghapus cache pada aplikasi ini dapat membantu kamu untuk autentikasi google ini.

Caranya adalah masih sama pada menu Settings / pengaturan > pilih “Manage Apps” > Cari aplikasi Google Play Store kemudian klik > Cari menu Clear Data / Hapus data pada menu bagian bawah Hp.

Cara ini akan menghapus otomatis cache yang menumpuk dalam aplikasi ini dan kembali bersih lagi. Setelahnya kamu akan diminta untuk login kembali dan loginlah seperti biasa.

  1. Hapus Akun Kamu Dan Login Kembali

Ini hanya untuk logout data akun secara otomatis. Jadi akun tidak akan terhapus secara permanent namun kamu hanya diminta untuk login kembali atau re-login. Caranya adalah

Pada HP Xiaomi kamu bisa melakukan ini. Pilih Menu Settings atau Pengaturan > Lalu cari menu “Sync” klik > Pada menu pilih “Google” > Cari akun google kamu yang terhubung dengan aplikasi google play store lalu klik > Klik “More” pada bagian bawah menu > kemudian pilih “Remove Account”.

Pada Hp lainnya seperti samsung, oppo, vivo atau lainnya kamu bisa melakukannya dengan cara : pilih menu settings > Akun / Accounts > Pilih Google > Pilih akun kamu lalu hapus akun google kamu.

Jika sudah kamu restart hp kamu dan coba untuk login kembali dengan akun google kamu yang tadi sudah di logout.

  1. Menggunakan Akun Google Lain

Jika semua cara diatas tidak bisa kamu bisa menggunakan cara autentikasi akun google yang terakhir adalah dengan menggunakan akun google lain. Cara yang pertama adalah kamu harus hapus terlebih dahulu akun google kamu dan tidak lupa kamu hapus data sekalian atau clear cache.

Jika sudah kamu bisa masuk menggunakan akun google baru dan jangan menggunakan akun yang lama yang sudah bermasalah tadi. Jika sudah maka kamu bisa autentikasi akun google play terbaru dan selesai.

Baca Juga >>> Tips Mengatasi “Dikunci Oleh Fitur Temukan Perangkat Saya” <<<

Penutup

Itu tadi beberapa cara agar kamu bisa mengatasi masalah autentikasi play store di hp Xiaomi dan hp lainnya. Cara ini juga sama saja untuk hp merek lainnya dan bisa kamu lakukan juga karena hampir semua hp android yang ada pastilah pernah merasakan gangguan seperti ini. Terima kasih semoga bermanfaat.


Notice: Undefined variable: point_single_tags_section in /var/www/vhosts/tipsgaptek.com/httpdocs/wp-content/themes/point/single.php on line 83
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *