close

6 Cara Cek Barcode Asli Atau Palsu

Cara Cek Barcode Asli Atau Palsu

Cara cek barcode asli atau palsu dengan mudah untuk membedakan prduk mana yang benar benar original. Jika kamu masih ragu saat membeli produk, maka bisa cek di barcodenya. Untuk brand ternama biasa akan memiliki barcode unik dengan kode yang berbeda.

Nah, berikut ini tipsgaptek akan membahas mengenai cek keaslian barang dengan barcode saja. Dan bagaimana membedakan barcode asli dengan yang palsunya. Simak ulasan lengkappnya berikut ini.

Daftar isi

Cek Barcode Asli Atau Palsu

Barcode adalah sistem penomoran yang digunakan untuk mengidentifikasi produk secara unik. Barcode terdiri dari garis-garis horizontal yang dibaca oleh scanner khusus yang dapat membaca informasi yang terkodekan dalam barcode tersebut. Barcode biasanya terdapat pada kemasan produk yang dijual di toko-toko atau di pasar-pasar.

Cek barcode asli atau palsu dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah:

  • Periksa apakah barcode tersebut terdaftar di database resmi. Beberapa organisasi yang mengelola database resmi barcode diantaranya adalah GS1 (Global Standards 1) dan EAN (European Article Number). Anda dapat mengecek apakah barcode tersebut terdaftar di salah satu database tersebut dengan mengunjungi situs resmi masing-masing organisasi dan memasukkan nomor barcode yang ingin dicheck.
  • Periksa keaslian barcode dengan menggunakan aplikasi pemindai barcode. Aplikasi ini dapat diunduh di ponsel atau tablet anda, dan dapat membaca informasi yang terkodekan dalam barcode. Jika aplikasi tersebut tidak dapat membaca barcode tersebut, maka kemungkinan barcode tersebut palsu.
  • Periksa apakah barcode tersebut tertera pada produk yang sesuai dengan yang tertera pada barcode tersebut. Misalnya, jika barcode tersebut tertera pada produk makanan, periksa apakah informasi yang terkodekan dalam barcode tersebut sesuai dengan jenis makanan, tanggal kadaluarsa, dan lainnya. Jika terdapat ketidakcocokan informasi, maka kemungkinan barcode tersebut palsu.
  • Periksa apakah barcode tersebut tertera pada produk dengan benar. Misalnya, jika barcode tersebut tertera pada produk makanan, periksa apakah barcode tersebut tertera pada bagian yang mudah terlihat dan tidak terlapisi oleh plastik atau label lainnya. Jika barcode tersebut tertera pada bagian yang sulit terlihat atau terlapisi oleh plastik atau label lainnya, maka kemungkinan barcode tersebut palsu.
  • Kalau kamu berada di toko atau tempatnya, coba cek antara 1 produk dengan produk yang lainnya untuk merek yang sama. Apakah setiap produk ini memiliki barcode yang sama atau berbeda tiap modelnya. Karena barcode ini adalah sebagai tanda dan memiliki kode unik untuk tiap produknya. Ini yang tidak bisa ditiru oleh produk palsu. Mereka akan memberikan barcode yang sama untuk semua produk yang mereka tiru. Hal ini untuk mengurangi budget printing kertas barcode.
  • Ketika kamu membeli barang, coba cek kode barcode tersebut di google. Apa yang keluar. Biasanya untuk produk brand ternama sudah banyak ulasan mengenai ciri barcode yang asli seperti apa. Bahkan coba cek bentuk barcode dari produk original di google, apakah sama dengan produk yang kamu beli.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda dapat memastikan apakah barcode yang anda miliki asli atau palsu. Selalu waspada terhadap barcode palsu, karena dapat menimbulkan kerugian bagi anda sebagai p

Cek Dari Kondisi Barcodenya Sendiri

Selain itu, anda juga dapat memeriksa keaslian barcode dengan cara visual, yaitu dengan memperhatikan kualitas cetakan dan desain barcode tersebut. Barcode asli biasanya memiliki cetakan yang rapi dan tajam, serta terdapat pada bagian yang mudah terlihat pada produk. Sedangkan barcode palsu biasanya memiliki cetakan yang buram dan kurang rapi, serta terdapat pada bagian yang sulit terlihat pada produk.

Selain itu, anda juga dapat meminta bantuan kepada petugas di toko atau pasar yang menjual produk tersebut untuk memeriksa keaslian barcode tersebut. Petugas tersebut biasanya memiliki alat pemindai barcode khusus yang dapat membaca informasi yang terkodekan dalam barcode secara akurat.

Selain itu, anda juga dapat meminta bantuan kepada lembaga atau organisasi yang berwenang untuk mengelola dan mengawasi keaslian barcode, seperti GS1 atau EAN. Lembaga atau organisasi tersebut biasanya memiliki database resmi barcode yang dapat digunakan untuk memeriksa keaslian barcode tersebut.

Untuk mencegah terjadinya penipuan dengan menggunakan barcode palsu, anda sebaiknya membeli produk hanya dari toko atau pasar yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Selain itu, anda juga sebaiknya memperhatikan keaslian barcode pada produk yang akan dibeli, dengan cara mengecek barcode tersebut sesuai dengan langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga >>> 3 Cara Cek Expired Date Dari Barcode Online <<<

Penutup

Itu tadi beberapa tips mengenai cara cek barcode asli atau palsu dengan mudah. Untuk produk brand ternama pastinya sudah ada forum yang membahas dari keaslian barcodenya. Bahkan sudah ada website tersendiri yang bisa memastikan keaslian produk kamu hanya dari nomor seri yang ada di barcode.

Dengan demikian, anda dapat memastikan bahwa produk yang anda beli merupakan produk asli dan tidak palsu, sehingga anda dapat terhindar dari kerugian yang mungkin timbul akibat produk palsu. Selain itu, anda juga dapat membantu mencegah penyebaran produk palsu yang dapat merugikan para produsen dan konsumen lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *