7 Cara Membersihkan Data Sistem iPhone

close

Cara Membersihkan Data Sistem iPhone

Cara membersihkan data sistem iPhone agar tidak lemot lagi. Memang untuk penggunaan iPhone yang cukup lama semakin terasa bahwa kinerja hp sudah tidak maksimal lagi. Ini terjadi karena adanya banyak file sampah baik itu cahce, data sistem dan lainnya yang menumpuk.

Sebenarnya agar lebih optimal memang melakukan reset factory sekalian agar kinerja hp bisa kembali seperti semula. Namun bagi kamu yang ragu atau malas untuk melakukan backup maka bisa coba tips dibawah ini untuk membersihkan sistem data di iPhone.

Nah, berikut tipsgaptek akan membahas mengenai data sistem iphone penuh dan cara untuk menghapusnya. Simak ulasannya dibawah ini.

Cara Membersihkan Data Sistem iPhone

iPhone adalah salah satu perangkat teknologi yang sangat populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Penggunaannya yang terus-menerus setiap hari dapat menghasilkan banyak data yang terakumulasi di dalamnya.

Data tersebut termasuk file, foto, video, pesan teks, dan berbagai informasi lainnya. Seiring berjalannya waktu, akumulasi data tersebut dapat membuat kinerja iPhone menjadi lambat atau bahkan mengalami masalah teknis.

Oleh karena itu, membersihkan data sistem iPhone secara teratur sangat dianjurkan. Berikut adalah beberapa cara untuk membersihkan data sistem iPhone.

1. Hapus Data Cache dan History pada Safari

Safari adalah browser web default di iPhone. Setiap kali Anda menggunakan Safari untuk browsing, data cache dan history akan terakumulasi di dalamnya.

Data tersebut dapat memperlambat kinerja sistem. Untuk menghapus data cache dan history, buka Pengaturan dan pilih Safari. Pilih Hapus Riwayat dan Data Situs Web untuk membersihkan data cache dan history.

2. Menghapus Sisa Pembaruan Dari iOS

Update iOS memang penting untuk penggunaan sistem. Namun sayangnya terkadang untuk ukuran update ini memakan banyak space sistem. Alhasil setelah melakukan update sistem maka storage juga akan berkurang sisanya atau bahkan penuh.

Caranya adalah :

  • Buka pengaturan atau setting.
  • Lalu cari menu Umum dan pilih Penyimpanan.
  • Pada bagian iOS Update pilih dan klik Hapus. Maka proses menghapus salah satu data sistem akan dilakukan. Biasanya akan menghapus untuk iOS lama yang tidak digunakan kembali.

Untuk update iOS memang memerlukan banyak space dan ini salah satu yang membuat data sistem di iPhone menjadi penuh.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan secara teratur dapat mengambil ruang yang cukup besar pada penyimpanan iPhone dan memperlambat kinerja sistem.

Oleh karena itu, sebaiknya hapus aplikasi yang tidak lagi diperlukan. Caranya cukup mudah, tap dan tahan aplikasi yang ingin dihapus sampai muncul ikon X, lalu ketuk ikon tersebut untuk menghapus aplikasi.

Atau kamu juga bisa untuk menghapus setiap cache dari aplikasi yang ada di hp. Caranya adalah :

  • Buka Pengaturan, lalu pilih General.
  • Klik iPhone Storage dan akan muncul seluruh aplikasi yang terinstal disana.
  • Kamu pilih salah satu lalu pilih Data Sistem dan klik Hapus Cache.

Perlu diingat untuk menghapus cache di aplikasi ini akan memiliki dampaknya juga. Seluruh history bahkan akun login kamu akan terhapus juga.

Kamu coba cek untuk aplikasi yang memiliki cache besar seperti Facebook, instagram, youtube atau Wa. Namun kamu juga harus kembali login jika ingin menggunakan aplikasi tersebut.

4. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan

File yang tidak diperlukan dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar pada iPhone. Oleh karena itu, sebaiknya hapus file-file yang tidak lagi dibutuhkan secara teratur. File-file tersebut dapat berupa gambar, video, atau dokumen lainnya. Caranya cukup mudah, buka aplikasi File dan pilih file yang ingin dihapus, lalu ketuk tombol Hapus.

5. Gunakan Aplikasi Pembersih iPhone

Terdapat beberapa aplikasi pembersih iPhone yang dapat membantu Anda membersihkan data sistem dengan mudah dan cepat. Aplikasi tersebut dapat membersihkan file cache, file log, dan file sementara lainnya yang terakumulasi di dalam iPhone. Beberapa aplikasi pembersih iPhone yang populer adalah CleanMyPhone, iMyFone Umate, dan PhoneClean.

6. Pembaruan Sistem Operasi

Pembaruan sistem operasi iPhone secara teratur dapat membantu mengoptimalkan kinerja sistem dan membersihkan beberapa file yang tidak diperlukan. Pembaruan sistem operasi dapat dilakukan dengan mudah melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

7. Melakukan Backup Data

Ada pentingnya juga untuk 1 tahun sekali kamu melakukan backup data untuk file yang besar dan hapus data tersebut. Ini dilakukan untuk mengkosongkan kembali file yang berharga kedalam cloud atau storage komputer juga bisa.

Baca Juga Perbedaan Charger iPhone Ori dan KW
5 Cara Mengatasi Dan Kenapa Volume Hp Kecil

Penutup

Itu tadi beberapa tips dan cara membersihkan data sistem iPhone yang bisa kamu lakukan. Kalu dirasa masih kurang kamu bisa melakukan backup data lalu melakukan reset factory.

Membersihkan data sistem iPhone secara teratur sangat penting untuk menjaga kinerja dan stabilitas perangkat. Selain itu, membersihkan data sistem juga dapat membantu mengoptimalkan ruang penyimpanan dan membuat iPhone tetap terlihat

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *