Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi

cara memperbaiki charger hp lambat mengisi

Cara memperbaiki charger hp lambat mengisi dengan mudah dan cepat. Jika kamu sudah mengalami lambatnya mengisi charger hp kamu, maka kamu bisa menggunakan tutorial dibawah ini sebelum mengganti kepala charger, ganti kabel atau bahkan ganti hp.

Sudah melakukan pengisian selama berjam jam, namun hp kamu masih saja tidak terisi penuh? mungkin ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan. Ini juga berlaku pada tablet ataupun laptop sekalipun. Maka tutorial ini akan sangat berguna untuk cara mengatasi cas hp lambat.

Karena biasanya akan ada waktunya dimana kamu sudah melakukan pengisian daya lambat pada hp. Dan tidak jarang hp akan panas, namun charger hp lama mengisi. Kamu bisa melakukan modifikasi charger hp agar pengisian baterai cepat penuh dengan tutorial ini.

Cara Memperbaiki Charger Hp Lambat Mengisi

Ada banyak faktor dan cara memperbaikinya. Dimulai dari kepala adaptor charger, kabel usb sampai dengan port usb harus diperhatikan. Apakah ada kerusakan atau tidak.

Karena memang lama kelamaan akan ada bagian tersebut yang akan rusak duluan dan menyebabkan charger hp yang lambat mengisi. Namun sebelum menggantinya, ada baiknya kamu mengikuti tutorial berikut ini. Jadi bisa sekalian bereksperimen dengan barang barang yang masih bisa terpakai.

1. Kerusakan Pada Kepala Charger

Ini juga salah satu faktor yang mempengaruhi charger hp yang tidak mengisi. Kamu bisa mengetahuinya dengan menggunakan alat multi tester. Caranya dengan membuka chasing adaptor. Jika menunjukkan dan terukur 5 volt maka kepala charger masih bagus.

Jika tidak maka harus ganti adaptor dengan yang baru. Karena minimal volt yang direkomendasikan adalah 5 volt.

2. Port USB Pada Kepala Charger Rusak

kepala adaptor rusak lambat mengisi daya hp

Selanjutnya cara mengatasi baterai lama terisi adalah dengan cek apakah kepala charger rusak atau tidak. Biasanya longgar atau rusak. Jika benar, maka coba buka kepala charger tersebut dan pastikan solderan di kaki kaki tidak goyang, rusak atau kendor. Kamu bisa mensoldernya kembali untuk memperbaiki kondisi yang goyang.

3. Kabel Charger Sudah Rusak Atau Terkelupas

Masalah lainnya adalah kabel charger yang sudah rusak atau ada bagian yang sudah terputus didalamnya. Untuk ini cara satu satunya adalah dengan mengganti kabel yang baru. Dan usahakan membeli kabel charger yang fast transfer dan bisa digunakan untuk transfer data dari laptop ke hp begitu pula sebaliknya.

4. Batrei Handphone Rusak Atau Soak

Masalah charger hp yang lama mengisi selanjutnya adalah mengenai baterai yang sudah soak atau rusak. Ciri cirinya adalah cepat habis tidak seperti biasanya, dan juga ada terjadi penggembungan pada bagian baterai.

Jika ini terjadi, maka tidak ada pilihan lain selain mengganti baterai dengan yang baru. Saat ini sudah banyak sparepart yang dijual dipasaran khususnya di marketplace dengan harga yang sudah terjangkau dan sesuai dengan tipe hp kamu tentunya.

Baca Juga >>> Cara Membuat Antena Penguat Sinyal 4G Di Rumah <<<

5. Lubang Port Pada Handphone Kotor Atau Rusak

Cara mengatasinya adalah dengan cek apakah jika dimasukkan kabel lubang port goyang atau tidak. Jika goyang, pastikan kembali tidak ada kotoran yang tersumbat. Jika masih goyang coba colokkan menggunakan kabel baru apakah hasilnya sama saja atau tidak.

Jika masih goyang ada kemungkinan part port pada handphone perlu diganti. Namun jika hanya goyang atau kendur saja,maka ketika melakukan pengecasan usahakan untuk ditempatkan pada bidang yang datar agar lurus.

6. Stop Kontak Kendor

Masalah lainnya adalah bisa jadi stop kontak yang kamu gunakan sudah rusak dan tidak maksimal ketika dimasukkan ke kepala charger. Tanda tandanya adalah kendor saat dicolokkan. Coba ganti dengan stop kontak yang baru.

7. Matikan Semua Aplikasi Yang Berjalan

Cara memperbaiki charger hp lambat mengisi selanjutnya adalah dengan menghapus semua aplikasi yang masih berjalan pada handphone. Biasanya ada aplikasi yang membutuhkan daya besar dan masih berjalan ketika kamu sedang mengisi daya handphone.

Misal aplikasi yang membutuhkan daya besar adalah GPS, google maps atau aplikasi yang membutuhkan internet. Jika dirasa kurang puas, coba cas dalam keadaan handphone mati total. Apakah masih charger hp lambat mengisi atau tidak.

8.Pengisian Daya Dari Powerbank Atau Laptop

Ini juga termasuk cara mencegah charger hp yang tidak mengisi seiring dengan kondisinya. Biasanya penyebab rusaknya adalah terlalu sering mengisi daya melalui sumber yang tidak stabil dayanya seperti powerbank, laptop atau charger dari motor atau mobil.

Namun jika keadaan mengharuskan kamu untuk mencharger di tempat tersebut, maka akan lebih bagus untuk menghubungkannya menggunakan USB versi 3.0 yang memiliki daya lebih besar. Kamu bisa mencarinya di marketplace.

9. Update Versi Terbaru di Perangkat Handphone

Ada kemungkinan juga kalau kamu diharuskan untuk mengupgrade sistem operasi dari perangkat handphone kamu. Karena biasanya ada kasus terjadi bug yang tidak kompatibel dengan perangkatmu saat ini. Untuk itu kamu bisa upgradi versi terbaru atau melakukan downgrade ke versi sebelumnya.

10. IC Adaptor Rusak

Kemungkinan lainnya dari cara memperbaiki charger hp lambat mengisi adalah kerusakan pada IC adaptor kamu. IC ini memiliki fungsi untuk kontrol konversi arus dari AC menjadi DC.

Jika IC ini rusak maka akan sangat berpengaruh sekali terhadap lamanya saat mengisi daya pada handphone yang menyebabkan charger hp lambat mengisi. Saran kami adalah mengganti adaptor lama dengan yang baru.

Baca Juga >>> Cara Menghidupkan Hp Yang Mati Total Tanpa Tombol Power <<<

Penutup

Itu tadi beberapa cara memperbaiki charger hp lambat mengisi dengan 10 cara mengatasinya. Saran kami adalah untuk cek lubang port pada adaptor dan juga pada lubang port di handphone kamu. Cek juga apakah ada masalah pada kabel atau stop kontaknya.

Jika semuanya benar, ada kemungkinan kamu harus mengganti kepala adaptor atau ganti kabel datanya. Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara mengatasi charger lambat mengisi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencobanya.


Notice: Undefined variable: point_single_tags_section in /var/www/vhosts/tipsgaptek.com/httpdocs/wp-content/themes/point/single.php on line 83

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *