Cara Memperbaiki Ic Audio Xiaomi Tanpa Ganti

TipsGaptek – Sayang sekali bukan jika speaker hp tiba tiba rusak. Apalagi setelah kamu mencolokkannya dengan speaker aktif kemudian speaker hp kamu yang menjadi korban. Saat ini banyak sekali kasus dimana speaker rusak akibat dari penggunaan speaker aktif dan menyerang IC Audio dari HP. Berikut ini cara memperbaiki IC Audio Xiaomi tanpa ganti terlebih dahulu.

cara memperbaiki ic audio xiaomi

Mungkin kasus ini hampir sering terjadi pada HP merek xiaomi, namun merek merek hp lainnyapun juga kerap kali mendapatkan masalah yang sama dikarenakan penggunaan pada speaker aktif yang asal asalan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan IC audio kamu mati seperti :

  • Terkena tegangan tinggi dari speaker aktif
  • Rusak karena kemasukan air atau hp kecemplung dan kerendam didalam air
  • HP overheat atau kelebihan panas dikarenakan kinerja yang berlebihan
  • Mengangkat telepon saat hp sedang dicolokkan ke speaker aktif.

Jika hal hal diatas terjadi, bisa jadi ada beberapa masalah yang akan timbul dikemudian hari seperti speaker tiba tiba mati, speaker berbunyi suara kresek kresek dan tidak jernih, IC Audio yang rusak atau yang paling parah terkena IC Powernya dan hp malah mati total.

Nah sebelum kamu berniat untuk pergi ke service center, kamu juga bisa berinisiatif untuk cek kesehatan hp dengan cara dibawah ini.

Cara memperbaiki IC audio Xiaomi tanpa ganti terlebih dahulu :

Cara ini bisa kamu gunakan ketika kamu berfikir bahwa IC audio lah yang terkena masalah dan rusak. Kamu bisa gunakan cara ini untuk antisipasi sebelum mengganti IC audio-nya. Cara ini juga bisa digunakan untuk android lain merek lain seperti samsung, vivo, oppo, advan dan lainnya.

1. Menggunakan Speaker Kedua

Ya, setiap hp android memiliki 2 speaker. Yang utama untuk mendengarkan musik atau yang keluar dari aplikasi dan yang satunya lagi speaker yang berasal ketika ada telpon masuk.

Jika hp kamu sudah tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali karena speaker utama yang rusak, kamu bisa mengalihkannya ke speaker telepon. Meskipun suaranya lebih kecil, setidaknya hp kamu tetap bisa mengeluarkan suara secara normal.

Dengan cara memindahkan speaker utama ke speaker kedua ini bisa kamu lakukan dengan cara :

  • Install dan jalankan aplikasi “SoundAbout”
  • Kemudian aktifkan aplikasi soudabouut dengan klik ke tanda “ON”
  • Pilih menu “Media Audio” lalu ganti pengaturan dari “Speaker” ke “Earpice” atau speaker kedua.
  • Jika sudah kamu bisa keluar aplikasi dan mencoba untuk tes suara atau musik yang dihasilkan apakah berhasil atau tidak dengan menggunakan speaker kedua ini.

2. Mengurangi Kerusakan Sistem

Cara ini bisa kamu lakukan ketika suara yang dihasilkan dari speaker utama kamu berbunyi tidak jernih, kresek kresek, atau berbunyi namun tidak jelas. Caranya dengan bantuan sebuah aplikasi gratis dari google playstore.

  • Install aplikasi MXPlayer lalu jalankan.
  • Klik menu yang terdapat pada bagian kanan atas > Pilih Settings > Audio > lalu klik centang audio
  • Coba kamu jalankan aplikasi pemutar musik dengan menggunakan aplikasi MXPlayer kemudian klik icon Audio > klik atau centang opsi menu gunakan Dekoder Audio SW.
  • Setting Dekoder audio sw sampai kira kira menghasilkan suara yang sedikit lebih jernih.

Cara ini hanya untuk meminimalisir suara yang tidak jernih akibat speaker hp kamu sudah rusak.

3. Menggunakan Aplikasi Speaker Cleaner

Untuk hp kamu yang bermasalah di speakernya karena kemasukan air dan menimbulkan suara yang tidak jernih. Kamu bisa menggunakan aplikasi berikut ini :

  • Install aplikasi “Speaker cleaner – remove water & fix sound” lalu jalankan
  • Kemudian klik “Unclog Speaker” lalu tunggu sebentar sampai prosesnya berjalan.
  • Kemudian pilih opsi menu “Clean Speaker” lalu tunggu prosesnya selesai
  • Cek kembali apakah suara sudah jernih kembali atau belum. Jika masih tidak jernih kamu bisa mengulangi prosesnya kembali.

Baca Juga >>> Cara Mengatasi Speaker Hp Kena Air Dengan Aplikasi <<<

4. Aplikasi Headset Toggle

Jika Hp kamu  muncul lambang headset padahal keadaan hp tidak ada headset yang sedang dicolok, maka kamu bisa menggunakan aplikasi “headset toggle” di google play store. Caranya adalah :
Klik lambang headset silang pada menu aplikasi. Lambang tetap ada dan tidak hilang namun kamu bisa cek dengan cara menghidupkan aplikasi musik. Aplikasi ini hanya untuk mengecoh sistem bahwa headset telah dimasukkan.

5. Mengganti IC Audio

Jika memang cara diatas tidak bisa berhasil maka memang sudah sepantasnya mengganti sparepart komponen yang rusak yaitu IC Audio. Dengan harga antara 100ribuan kamu sudah bisa mendapatkan sparepart baru untuk memperbaiki ic audio xiaomi yang rusak.

Namun lebih baik kamu bisa membawa hp kamu ke service center yang ada dikotamu, karena membutuhkan keahlian dan peralatan yang memadai untuk membongkar hp kamu dan mengganti IC audionya juga.

Penutup

Itu tadi beberapa cara memperbaiki ic audio xiaomi yang rusak sebelum kamu memutuskan untuk mengganti dengan IC Audio yang baru. Cara ini hanya untuk cek apakah bisa berfungsi normal kembali atau tidak dan hanya untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi.

Baca Juga >>> Cara Memperbaiki Hp Rusak Karena Speaker Aktif <<<

Terima kasih semoga bermanfaat dan silahkan mencobanya.


Notice: Undefined variable: point_single_tags_section in /var/www/vhosts/tipsgaptek.com/httpdocs/wp-content/themes/point/single.php on line 83
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *