Cara Mengaktifkan Layanan Google Play Service di Android

cara mengaktifkan layanan google play service

Cara mengaktifkan layanan google play service dengan mudah langsung dari hp android kamu. Setiap perangkat android pastinya punya aplikasi atau paling tidak sistem yang bernama google play service. Namun masih banyak yang tidak menyadari apa itu google play service. Nah kali ini tipsgaptek akan membahas mengenai mengaktifkan google play service di andorid.

Google play service adalah sebuah aplikasi dari sistem google yang membantu dalam pelayanan dari aplikasi google lainnya seperti google playstore, google maps, gmail dan lain lain yang membantu dalam memudahkan sistem google di hp android kamu.

Kegunaan google play service adalah untuk mengintegrasikan fungsi dari layanan google yang bekerja pada latar belakang sistem di perangkat android kamu dan membantu mengerjakan fungsi google di aplikasi lainnya.

Lalu bagaimanakan cara mengaktifkan google play service ? kita akan bahas cara caranya dibawah ini:

Cara Mengaktifkan Layanan Google Play Service

Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan dalam cara aktifkan google play service pada tips kali ini. Mengapa sampai 3 ? karena tentu saja tiap hp android memiliki fungsi dan penempatan yang berbeda beda. Dan setiap hp memiliki cara yang berbeda beda. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan cara mana dalam penggunaannya.

1. Cara Mengaktifkan Google Play Service Di Android

Cara ini bisa kamu temukan dan cek terlebih dahulu apakah tersedia di google playstore atau tidak. Setelah itu kamu bisa setting melalui google settings. Caranya adalah :

  • Kita cari terlebih dahulu di play store
  • Lalu ketikkan “Google Play Services”
  • Jika tidak ada aplikasi tersebut, maka kamu bisa setting melalui “Google Settings”
  • Buka “Google Settings” > buka menu “Help & Feedback”
  • Klik icon “Titik tiga” pada pojok kanan atas
  • Kemudian klik “View in google play store” lalu klik “Open”

Baca Juga >>> Cara Mengatasi Play Store Hilang Di Xiaomi <<<

2. Aktifkan Google Play Service Melalui Menu Settings Hp

Jika tidak bisa menggunakan cara yang pertama, maka kamu bisa melakukan cara berikut ini yaitu menggunakan settings atau pengaturan menu hp. Caranya adalah :

aktifkan google play services melalui menu settings hp

  • Buka menu “Settings” atau “Pengaturan”
  • Cari menu “Apps” kemudian cari dan pilih apps “Google play services”
  • Jika tidak bisa dibuka atau tidak ada opsi menghidupkan google play services maka selanjutnya kembali ke menu utama settings
  • Kemudian pada menu “search” ketikkan “Device admin apps”
  • Pilih aplikasi “find my device” kemudian “deactivate” aplikasi tersebut.
  • Kemudian masuk lagi ke menu “Apps” lalu cari “Google play service” kemudian klik on

3. Instal Google Play Service Di Google Playstore

Jika tidak bisa, maka kamu bisa instal aplikasi google play service langsung di playstore. Namun tentu saja aplikasi ini tidak akan ada di playstore lagi. Jadi kamu bisa menggunakan cara instal layanan google play service berikut ini :

aktifkan google play services melalui playstore

  • Buka aplikasi playstore
  • Ketikkan pada menu search “Play service info”
  • Kemudian instal dan jalankan aplikasi tersebut
  • Pada bagian menu aplikasi kamu pilih “Play Store” kemudian kamu akan masuk ke menu playstore. Jika hp kamu sudah ada play service maka tidak perlu untuk instal lagi atau download google play service.
  • Namun kamu bisa update google play service melalui aplikasi ini. Dan setelahnya layanan google play service akan aktif

Ini juga sebagai cara update google play service yang tidak aktif atau nonaktif

Baca Juga >>> Cara Menghapus Kontak Yang Tersimpan Di Akun Google <<<

Penutup

Itu tadi 3 cara mengaktifkan layanan google play service di android dengan mudah dan cepat. Kamu bisa menyesuaikan sendiri manakah aktifkan google play service yang paling tepat untuk perangkat hp kamu. Cara ini juga sangat sesuai untuk perangkat hp dengan layanan google play service hilang dan tidak terbaca di android.

Semoga bermanfaat ya. Terima kasih sudah membaca.


Notice: Undefined variable: point_single_tags_section in /var/www/vhosts/tipsgaptek.com/httpdocs/wp-content/themes/point/single.php on line 83

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *