Cara Mengatasi Volume Hp Naik Turun Sendiri Tanpa Ganti

cara mengatasi volume hp naik turun sendiri

Cara mengatasi volume hp naik turun sendiri tanpa harus ganti. Jika kamu mengalami hal ini pada hp kamu maka sebelum berangkat ke service center, ada baiknya untuk cek terlebih dahulu dengan menggunakan tips berikut ini.

Sering kali di beberapa hp terdapat masalah yang hampir sama yaitu seringnya tombol volume hp naik turun sendiri padalah tidak sedang ngapa-ngapain. Hal ini tentu membuat kamu jadi susah dan sebal untuk melakukan aktifitas di hp smartphone kamu.

Sebelum ke cara mengatasinya, ada baiknya kamu tahu penyebab terjadinya kerusakan pada tombol volume kamu berikut ini.

Penyebabnya adalah :

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan di tombol volume ini, bisa jadi karena faktor luar ataupun juga karena sistem yang eror.

  • Seringnya menekan tombol volume terlalu keras
  • Menekan menggunakan kuku yang mengakibatkan hanya dibagian tertentu saja yang mendapatkan tekanan
  • Menggunakan headset yang tidak sesuai dengan hp kamu
  • Headset yang sudah rusak namun tetap dipaksa colok ke hp
  • Karena penggunaan speaker aktif
  • Karena sistem yang eror

Faktor diatas sering kali menjadi penyebab terjadinya kerusakan ini. Apalagi bagi kamu yang terlalu sering mencolok kabel headset dengan menggunakan speaker aktif bisa memperparah kondisi kerusakannya.

Baca Juga >>> Cara Memperbaiki Hp Rusak Karena Speaker Aktif <<<

Dan jika sudah seperti ini biasanya karena tombol volume hp kamu sudah kendor karena di tekan terlalu kuat dan tombol bisa jadi juga karena faktor usia yang sudah berkarat didalamnya. Cara mengatasi volume hp naik turun sendiri saat memakai headset juga salah satu yang menjadi pertanda bahwa hp kamu sudah mulai eror pengaturan volumenya. Baca tips dibawah ini.

Cara mengatasi volume hp naik turun sendiri

Nah sebelum kamu membawanya ke service center, kamu bisa menggunakan cara dibawah ini terlebih dahulu agar benar benar yakin apakah kerusakan sudah benar benar parah atau masih bisa diatasi.

  1. Restart Hp Kamu

Bisa jadi kerusakan ada pada sistem hp kamu yang menyebabkan kerusakan tombol volume menjadi eror. Maka dari itu yang bisa kamu lakukan adalah dengan restart terlebih dahulu atau matikan beberapa saat lalu hidupkan kembali.

Jika masih tidak bisa, kamu bisa mencoba dengan restart data factory atau mereset ulang hp kamu seperti sebelumnya. Namun jangan lupa untuk backup data data penting kamu kedalam google account, google drive atau kedalam pc untuk sementara waktu.

Baca Juga >>> Cara Membuat Penguat Sinyal Hp Dengan Antena Tv <<<

  1. Membersihkan Bagian Dalam HP

Ada kemungkinan bagian dalam tombol hp kamu sudah rusak atau berkarat. Maka dari itu ada baiknya untuk membuka hp kamu untuk mengetahui posisi tombol volume apa yang menyebabkannya rusak.

Bisa jadi karena faktor kondisi fisik dari dalam tombol volume nya yang memang sudah eror sehingga akan menekan tombol naik turun sendiri.

Kamu bisa membersihkannya dengan cara :

  • Matikan terlebih dahulu hp kamu
  • Gunakan cotton bud atau kapas dan sedikit alkohol
  • Teteskan alkohol ke cotton bud sedikit saja
  • Buka bagian belakang hp kamu sehingga tampak bagian tombol volume berada
  • Bersihkan bagian dalam tombol secara perlahan
  • Keringkan sampai benar benar kering menggunakan tisu
  • Pasang kembali

Karena terkadang ada posisi yang berpindah didalam bagian tombol volume, atau ada bagian yang longgar dan harus kamu kencangkan kembali seperti semula.

Baca Juga >>> Cara Ampuh Menghilangkan Goresan Di Layar Hp Gorilla Glass <<<

Penutup

Karena tombol volume adalah salah satu tombol yang sangat penting selain tombol power, maka sangat mengganggu sekali jika hal ini terjadi terus menerus. Itu tadi cara mengatasi volume hp naik turun sendiri dengan menggunakan beberapa tips diatas.

Jika masih tidak bisa benar seperti sebelumnya, maka jalan satu satunya adalah dengan membawanya ke service center yang ada dikota kamu. Dan kemungkinan akan ada beberapa part yang diganti agar berfungsi seperti semula.

Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.


Notice: Undefined variable: point_single_tags_section in /var/www/vhosts/tipsgaptek.com/httpdocs/wp-content/themes/point/single.php on line 83
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *