7 Cara Mengetahui Online Shop Penipu Di Instagram

cara mengetahui online shop penipu di instagram

Cara mengetahui online shop penipu di instagram dengan mudah. Kamu harus waspada terhadap akun penipu di instagram saat ini. Pasalnya sudah banyak korban yang ditipu oleh online shop yang bertebaran di instagram.

Biasanya banyak yang menjual barang produk elektronik, sepeda, spare part mobil sampai dengan penipuan berhadiah seperti give away. Nah kamu juga harus paham bagaimana ciri-ciri penipuan online instagram bekerja

Dan kamu harus tahu cara cek ig olshop penipu itu bagaimana ciri cirinya. Karena sebenarnya jika kamu jeli, maka kamu akan tahu mana akun yang beneran untuk berbisnis dan mana yang penipu. Nah berikut ini beberapa tips cara mengetahui olshop penipu di instagram dengan mudah.

Cara Mengetahui Online Shop Penipu Di Instagram

Kita akan membahas satu persatu bagaimana cara mengetahui olshop asli atau palsu di instagram sebelum kamu benar benar bertransaksi. Karena meskipun akun tersebut memiliki reputasi yang baik, namun kamu harus tetap waspada akan adanya kasus penipuan.

Jangan sampai karena terlalu percaya, kamu jadi tidak waspada dan cerobah dalam bertansaksi. Kita akan bahas beberapa ciri akun online shop di instagram yang dianggap sebagai akun penipu. Jika ada tanda tanda ciri dibawah ini, maka kamu harus benar benar waspada.

Berikut ini ciri ciri dan cara cek ig olshop penipu dengan mudah :

1. Cek Kolom Komentar Yang Dinonaktifkan

Selalu saja ciri yang paling penting adalah, kolom komentar yang dinonaktifkan. Karena memang ada fitur di instagram yang bisa menonaktifkan kolom komentar di setiap postingannya. Hal ini ditujukan agar korban penipuan tidak bisa melakukan komentar di setiap postingannya.

Karena jika akun tersebut asli online shope, maka kolom komentar sangatlah penting bagi engagement instagram agar bisa naik posisinya. Jika ciri yang pertama ini sudah kamu temukan. Maka wajib cari online shope lain.

2. Memiliki Followers Palsu

Ciri yang kedua adalah tentu saja followers dari akun tersebut adalah paslu. Dan pastinya mereka menggunakan cara membeli followers dengan mudah untuk menaikkan followersnya. Kamu bisa cek followersnya, apakah benar benar orang atau hanya sebuah bot. Ciri ciri bot adalah menggunakan nama asing. Postingan hanya beberapa saja. Dan followers bot juga tidak sampai 100an saja.

3. Harga Produk Terlalu Murah Dan Tidak Wajar

Ini sangat sering menjadi jebakan para penipu online shop. Mereka memberikan harga promo atau diskon yang membuat harga menjadi terlewat murah dan tidak wajar dibanding dengan harga umumnya.

Coba bandingkan dengan beberapa akun onlineshope lainnya. Dan penting juga untuk membandingkan harganya dengan marketplace yang ada.

4. Tawarkan Untuk Menggunakan Marketplace Sebagai Media Transaksi

Jika kamu memang benar benar nekat ingin melakukan transaksi dengan akun tersebut. Maka cara yang paling aman adalah dengan menggunakan media marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak dan lainnya.

Kalau mereka menolaknya, maka lebih baik tidak melakukan pembelian diluar media tersebut. Itu tandanya dia tidak bersedia untuk melakukan pembelian secara rekber. Jadi harap lebih waspada.

5. Menggunakan Rekening Palsu

Jangan tergiur ketika dia memberikan KTP asli yang namanya juga sama dengan rekeningnya. Karena bisa saja itu termasuk cara oknum untuk melakukan pencucian uang. Apalagi dengan adanya beberapa aplikasi seperti Flip, Dana, Bank Jago dan lain lainnya yang membuat rekening palsu dengan mudah.

Cara mengetahui online shop penipu di instagram dengan cek rekeningnya. Jadi biasanya oknum penipu memberikan rekening atas nama flip sehingga tidak bisa dilacak dengan mudah mulai dari nama dan lainnya. Nantinya melalui aplikasi flip ini dia bisa mencairkan dana yang masuk ke rekening aslinya. Ini hanya sebagai contoh saja.

6. Akun Duplikasi Dari Online Shop Terkenal

Cara mengetahui akun ig olshop palsu selanjutnya adalah menyelidiki akun duplikat yang dibuat persis seperti akun aslinya. Misalnya saja akun “PS Store” yang dimiliki oleh Putra Siregar. Saat ini sudah banyak sekali akun fake yang mengatasnamakan pemilik dari akun tersebut.

Jadi akun palsu ini akan membuat duplikat dari akun besar. Semuanya akan sama baik dari postingan, desain, nama sampai dengan logo yang digunakan. Yang berbeda adalah ketika melakukan transaksi yang menggunakan nama rekening yang tidak sesuai.

Kamu harus tahu dan cek terlebih dahulu ke akun aslinya, apakah menggunakan nama rekening yang sama atau berbeda. Misal akun “PS Store” ini menggunakan nama dan nomor rekening dengan mengatasnamakan “Putra Siregar” Jadi jika ada akun yang menggunakan nama rekening selain itu maka sudah bisa dipastikan adalah akun penipuan.

7. Nama Akun Yang Sering Berganti Ganti

Cara melihat olshop penipu di instagram adalah melalui nama akun yang digunakan. Hal ini tentu saja untuk menghindari korban yang sudah terkena penipuan oleh akun ini. Dia tentu saja akan terus mengganti nama setelah mendapatkan korbannya.

Berikut ini cara cek nama akun tersebut sebelumnya :

  • Buka instagram, kemudian cari akun penipuan yang ingin kamu cek namanya.
  • Jika sudah klik icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih “About This Account” atau “Tentang akun ini”
  • Pada menu ini pilih “Former Usernames” atau “Nama akun sebelumnya”
  • Maka akan keluar history dari perubahan nama akun tersebut.

Jika sudah lebih dari 2 kali, maka jelas saja itu merupakan akun penipuan yang ada di instagram.

Baca Juga >>> 4 Cara Mengunci Followers Instagram Agar Tidak Berkurang <<<
>>> Cara Melacak Fake Account Instagram <<<

Penutup

Itu tadi cara mengetahui online shop penipu di instagram dengan beberapa tips mudah. Jika sudah ada satu saja ciri diatas. Maka kamu wajib waspada dan selalu cek lebih lanjut. Jangan sampai kamu menjadi korban selanjutnya.

Marilah kita saling share tips berikut ini agar tidak ada lagi korban penipuan dari onlineshope instagram. Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara mengetahui penipuan online shop ini. Semoga bisa bermanfaat dan jangan sampai ketipu ya. Hati hati dalam transaksi jual beli secara online.


Notice: Undefined variable: point_single_tags_section in /var/www/vhosts/tipsgaptek.com/httpdocs/wp-content/themes/point/single.php on line 83

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *