10 Cara Mengunci Wa Agar Tidak Bisa Disadap Lengkap

cara mengunci wa agar tidak bisa disadap

Cara mengunci wa agar tidak bisa disadap oleh hacker sekalipun. Sebenarnya fitur whatsapp untuk keamanan privasi penggunanya sudah ada. Namun masih banyak yang tidak mengetahui cara menggunakaannya.

Banyak cara untuk menyadap whatsapp dengan mudah. Tapi juga banyak cara untuk cara agar hp tidak bisa disadap khususnya untuk aplikasi whatsapp. Karena ini sifatnya adalah privasi, maka kamu harus memproteksi aplikasi wa kamu agar tidak mudah di sadap atau hack.

Nah berikut ini adalah cara mengunci aplikasi wa agar tidak disadap dan beberapa trik lainnya agar wa kamu lebih aman terhindar dari hacker dan sadap orang lain.

Cara Mengunci Wa Agar Tidak Bisa Disadap

Yang harus kamu tahu adalah fitur keamanan yang diberikan oleh whatsapp. Dan yang kedua adalah fitur keamanan yang diberikan oleh handphone kamu. Karena setiap handphone sudah ada sistem mencegah sadap dan menurut kami sulit di bobol oleh orang awam.

Sedangkan untuk whatsapp, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengunci wa agar aman. Nah caranya adalah dengan mengaktifkan beberapa fitur atau untuk perlindungan yang maksimal dengan menambahkan aplikasi pihak ketiga yang bermanfaat. Berikut ulasannya :

1. Cara Mengunci Wa Agar Aman Menggunakan Fingerprint Lock

Untuk cara yang pertama adalah dengan mengaktifkan fingerprint lock yang ada dalam fitur di whatsapp. Caranya adalah :

  • Buka aplikasi whatsapp Kemudian klik icon titik tiga pada pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Settings” kemudian pilih “Account”
  • Setelah itu pilih opsi “Privacy” dan gulir kebawah menu.
  • Pilih opsi “Finger lock” yang ada di bawah menu.
  • Kemudian centang “Unlock with fingerprint” sampai berwarna hijau.
  • Lalu confirm fingerprint dengan menekan sensor fingerprint yang ada pada handphone kamu.

Jadi setiap membuka aplikasi whatsapp ini kamu diharuskan untuk memberikan aksis fingerprint yang sudah kamu daftarkan tadi.

2. Mengaktifkan Fingerprint Lock Di Whatsapp Iphone

Kalau untuk iphone, maka caranya mengaktifkan fingerprint lock adalah sebagai berikut ini :

  • Untuk di iphone kamu bisa mengaktifkannya melalui fitur touch id di iphone.
  • Buka menu “Settings” kemudian “Account” dan “Privacy”
  • Pilih menu “Screen lock”, akan ada 2 opsi. Yaitu menggunakan “Face ID” atau “Touch ID”
  • Lalu pilih salah satu fitur tersebut.
  • Atur waktu untuk mengunci aplikasi whatsapp secara otomatis.
  • Waktunya dari immediately sampai dengan 1 jam kemudian.

Jadi kalau kamu mengaktifkan “Immediately” maka ketika ada yang membuka aplikasi wa kamu harus menggunakan fitur touch id terlebih dahulu.

3. Mengunci Wa Supaya Tidak Disadap Menggunakan Verifikasi Dua Faktor

Ini juga sebagai salah satu cara mengamankan whatsapp agar tidak disadap tanpa aplikasi dengan fitur whatsapp yang berguna untuk mencegah dari tindak sadap dan hack whatsapp. Jadi dengan menggunakan fitur ini akan memproteksi penggunaan wa secara berlapis. Caranya adalah :

  • Buka aplikasi whatsapp Kemudian klik icon titik tiga pada pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Settings” kemudian pilih “Account”
  • Lalu pilih opsi “Two-step verification”, Klik “Enable”
  • Kamu diminta untuk memasukkan 6 kode rahasia.
  • Isi juga email untuk pemulihan akun jika kode diatas kamu lupa.

4. Selalu Logout Setelah Menggunakan Whatsapp Web

Jangan biasakan untuk menggunakan whatsapp web dan tidak melakukan logout. Ada 2 cara logout yaitu melalui komputer dan melalui handphone. Caranya logout melalui handphone adalah :

  • Buka aplikasi whatsapp Kemudian klik icon titik tiga pada pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Settings” kemudian klik “Linked devices”
  • Disini akan muncul daftar perangkap komputer yang pernah login dengan menggunakan whatsapp web.
  • Pilih salah satunya dengan cara klik kemudian klik “Log Out”

Cara logout melalui komputer adalah :

  • Buka whatsapp web di komputer.
  • Kemudian klik titip tiga pada menu utama yang bersebelahan dengan opsi “New Chat”
  • Lalu klik “Log Out” Selesai.

Jika kamu sudah keluar semua dari whatsapp web namun muncul ikon gambar laptop di handphone kamu. Maka berhati hati ada 1 device yang terhubung dengan whatsapp web kamu dan usahakan untuk segera logout.

5. Jangan Membuka Whatsapp Menggunakan Wifi Publik Yang Tidak Dikenal

Wifi juga menjadi salah satu jalan untuk para hacker menyadap aplikasi whatsapp bahkan menyadap handphone kamu. Oleh sebab itu ada baiknya untuk tidak terkoneksi secara acak di setiap wifi yang ada.

Gunakan wifi yang sudah terpercaya untuk digunakan. Misalnya wifi kantor, rumah atau dengan provider sendiri seperti mifi. Usahakan jika kamu benar benar butuh wifi pada saat terkoneksi, jangan membuka aplikasi yang sifatnya privasi, seperti aplikasi chating, medsos sampai dengan aplikasi pembayaran elektronik.

6. Perhatikan Kode OTP Yang Masuk Ke Handphone Kamu

Ketika ada notifikasi atau pesan masuk yang isinya adalah kode OTP atau One Time Password, maka abaikan saja dan tidak menyebarluaskan. Karena kode ini sangatlah penting. Jika ada yang meminta kode ini, maka bisa dipastikan dialah yang akan menyadap handphone kamu.

7. Menggunakan Aplikasi Whatslock Untuk Mengunci WA

Agar lebih menyakinkan kembali, ada aplikasi yang bisa membantu kamu untuk memproteksi privasi whatsapp ini. Dengan aplikasi ini, maka setiap kali kamu masuk ke aplikasi wa, kontak atau media sosial lainnya membutuhkan fitur keamanan seperti sandi dan lainnya. Dan kamu bisa mengatur sendiri ingin mengunci aplikasi apa saja.

8. Tidak Melakukan Root Folder Whatsapp

Biasanya kamu yang suka otak atik android sering kali tidak sengaja untuk merubah folder didalamnya. Termasuk folder dari whatsapp ini. Karena jika handphone yang sudah di root akan lebih mudah untuk di bobol daripada yang tidak di root. Jadi gunakan lebih bijak lagi.

9. Menggunakan Antivirus Untuk Memblokir Penyadapan Whatsapp dan Handphone

Ada juga cara lainnya adalah dengan mengaktifkan antivirus yang sudah terpercaya. Kamu bisa mencarinya di google playstore untuk antivirus yang rekomended.

Salah satunya adalah “Anti Spy Mobile” atau anti virus lainnya yang sudah terkenal dan memiliki rating yang bagus. Biasanya aplikasi ini selain menghapus virus yang ada juga akan memberikan notifikasi jika ada tindakan mencurigakan yang terjadi di handphone.

10. Instal Ulang Atau Menonaktifkan Akun Terlebih Dahulu

Cara yang terakhir jika sudah ada tanda tanda bahwa whatsapp kamu sudah di sadap. Maka selain menggunakan cara diatas, ada baiknya pula untuk melakukan menonaktifkan akun whatsapp dan instal ulang aplikasi whatsapp.

Cara menonaktifkan akun whatsapp adalah :

  • Buka aplikasi whatsapp Kemudian klik icon titik tiga pada pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Settings” kemudian “Account”
  • Setelah itu pilih “Delete my account”

Jika sudah lakukan uninstal aplikasi whatsapp. Kalau dirasa perlu lakukan pula reset factory juga. Hal ini untuk mencegah penyadapan terjadi kepada aplikasi lainnya. Jadi lebih baik memutus cara penyadapan dengan delete akun.

Baca juga >>> 2 Cara Menduplikat Whatsapp Di Hp Lain <<<
>>> 5 Cara Masuk Whatsapp Web Tanpa Koneksi Hp <<<
>>> 6 Cara Mengaktifkan Whatsapp Yang Terhapus <<<

Penutup

Itu tadi 10 cara mengunci wa agar tidak bisa disadap dengan mudah dan yang paling lengkap. Tips diatas juga berlaku untuk cara mengunci wa business karena memang satu kesatuan. Kalau kamu harus tahu cara mengunci whatsapp web dengan menggunakan plugin extention dari google chrome.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai cara mengunci aplikasi wa agar tidak disadap diatas. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.


Notice: Undefined variable: point_single_tags_section in /var/www/vhosts/tipsgaptek.com/httpdocs/wp-content/themes/point/single.php on line 83
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *