Harga Service Motherboard Laptop

harga service motherboard laptop

Harga service motherboard laptop yang rusak serta ciri cirinya sebelum kamu membawa ke service center. Kita tahu sendiri motherboard adalah hardware yang paling vital dalam sebuah laptop. Karena semua komponen utama dari laptop ada di sini.

Mungkin banyak yang bertanya apa perbedaan antara motherboard dengan mainboard. Sebenarnya ini sama saja dan hanya berbeda dalam penyebutannya. Dan kalau motherboard kamu rusak maka hal yang pertama terjadi adalah laptop mati total.

Namun tenang saja, masih ada banyak kasus yang bisa untuk di service kembali menjadi normal. Atau hanya mengganti beberapa partnya saja sedangkan part lain seperti hardisk, ram dan lainnya tidak perlu diganti.

Nah, berikut ini tipsgaptek akan membahas lengkap mengenai biaya service mainboard laptop agar kamu tahu sebelum membawanya ke tukang service laptop dan komputer.

Harga Service Motherboard Laptop

Kalau kamu masih memiliki garansi resmi dari toko atau produk laptop yang kamu beli, maka selamat kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun alias gratis. Karena untuk motherboard yang rusak ini bukan kesalahan dari pemakai dan bisa diklaim garansi bahkan bisa diganti dengan mainboard yang baru.

Lalu, bagaimana jika kamu tidak ada garansi atau sudah lewat garansinya? Maka akan dikenakan biaya tersendiri diluar part yang diganti.

Untuk jasa harga perbaikan motherboard laptop adalah berkisar dari Rp 200.000 sampai dengan Rp 300.000 tergantung kerusakan dan juga kerumitannya. Tempat kamu service juga menentukan biaya dari perbaikan mainboard ini.

Tentu saja hal ini diluar dari harga pergantian sparepart yang rusak. Dan jika tidak bisa di service maka harus ganti mainboard laptop seharga Rp 800.000 sampai dengan Rp 2.000.000 tergantung dari mahalnya masing masing mainboard merek laptop.

Menurut kami ada baiknya saat membawa ke service center kamu lakukan cek terlebih dahulu. Dan minta untuk informasikan ketika harus mengganti mainboard. Kalau kamu paham kamu bisa cari perbandingan harga mainboard laptop kamu di marketplace atau tempat service lainnya.

Pastikan juga kamu tanya tipe dari mainboard laptop yang kamu miliki jika memutuskan untuk membeli mainboard sendiri.

Disini kami juga akan memberikan informasi mengenai penyebab dan cara merawat laptop agar motherboard lebih awet.

1. Ciri Ciri Motherboard Yang Mulai Rusak

Kamu wajib tahu dan mengenal tanda tanda motherboard laptop kamu mulai rusak sebelum benar benar parah bahkan diharuskan untuk menggantinya. Berikut ciri cirinya :

  • Laptop terasa lebih panas dari sebelumnya. Kamu juga harus peka mengenai suhu laptop. Biasanya jika sudah 3 jam penggunaan dengan aplikasi yang banyak bagaimana dengan suhunya? Apakah panas berlebih atau tidak. Atau pada saat awal dihidupkan sudah panas. Ini ciri yang pertama.
  • Ada masalah ketika masuk ke BIOS. Biasanya ada stuck pada menu BIOS sebelum masuk ke sistem operasi.
  • Laptop yang sering mati sendiri bahkan dalam keadaan listrik tetap menyala.

2. Penyebab Motherboard Laptop Rusak

Kamu juga wajib untuk tahu mengenai penyebab motherboard rusak dari pemakaian yang asal asalan. Berikut penyebabnya :

  • Kerusakan IC Chipset dan IC PSU merupakan penyebab laptop menjadi cepat panas. Selain itu faktor usia dan cacat produksi juga mempengaruhi.
  • Kerusakan pada BIOS yang merupakan software yang terinstal langsung pada motherboard.
  • Suplay sumber tenaga listrik yang tidak stabil. Jika ditempat kamu sering mati listrik, hati hati bisa berpengaruh ke motherboard. Usahakan untuk tetap menggunakan baterai laptop ya untuk mencegahnya.

3. Cara Merawat Motherboard Laptop Agar Tetap Awet

Memang ada faktor usia penggunaan dari motherboard. Namun kamu tetap harus hati hati dalam penggunaan laptop agar internal hardware laptop tetap awet. Berikut ini cara perawatan dan penggunaan latptop :

  • Tidak menggunakan laptop dalam waktu yang lama berlebihan. Jangan lupa untuk mengistirahatkan laptop. Jangan sering menggunakan mode slep karena memang laptop tidak digunakan untuk waktu yang lama seperti komputer.
  • Cek charger apakah ada kerusakan atau perlu diganti. Karena suplay listrik yang naik turun juga berpengaruh terhadap kerusakan hardware laptop.
  • Minimal 6 bulan sekali untuk melakukan pembersihal motherboard. Jika kamu bisa bongkar laptop sendiri mungkin lebih baik lagi. Namun jika tidak kamu juga bisa ke tukang service laptop untuk membersihkan dalaman hardware. Jasanya juga tidak mahal kok Rp 50rb sampai Rp 100rb.

Baca Juga >>> Biaya Service Laptop Di Asus Center <<<
>>> Biaya Service Speaker Laptop Dan 3 Kerusakannya <<<

Penutup

Itu tadi beberapa informasi mengenai harga service motherboard laptop dan bagaimana penyebab dan cara merawat hardware laptop. Karena motherboard ini adalah harware yang vital maka jangan sampai kamu rusak dan ganti ya karena harga sparepartnya yang terbilang cukup mahal. Apalagi kalau laptop kamu jenis yang sudah tidak produksi lagi, maka bisa indent terlebih dahulu.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai biaya service logic board macbook diatas. Semoga bisa bermanfaat dan semoga laptop kamu bisa cepat normal kembali.


Notice: Undefined variable: point_single_tags_section in /var/www/vhosts/tipsgaptek.com/httpdocs/wp-content/themes/point/single.php on line 83

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.