close

5 Denda Dan Dampak Jika Telat Bayar Easy Cash

telat bayar easy cash

Telat bayar easy cash apa yang akan terjadi serta apa saja dampaknya. Jika kamu pengguna pinjaman online Easy Cash, ada yang harus kamu ketahui sebelumnya mengenai telat pembayarannya. Apakah akan ada debt collector yang akan datang? Dan apa yang terjadi setelahnya ?

Sudah menjadi resiko tersendiri jika kamu melakukan pinjaman uang atau dana. Tidak hanya pinjaman bank, pinjaman online juga pastinya akan memiliki dampak juga jika kamu telat melakukan pembayaran.

Mulai dari penagihan melalui telekomunikasi seperti telepon, whatsapp sampai ke kunjungan DC sesuai dengan alamat penagihan. Dan tidak sampai disitu saja, dampak yang akan kamu terima juga ada karena easy cash ini sudah terdaftar di OJK juga.

Nah, berikut ini tipsgaptek akan membahas lengkap mengenai apa yang akan terjadi jika easy cash telat bayar serta dampaknya apa saja.

Jika Telat Bayar Easy Cash

Setiap pinjaman baik di bank ataupun pinjol memiliki prosedurnya masing masing untuk melakukan penagihan kepada nasabahnya.

Diawal kamu akan dikonfirmasi melalui SMS atau melalui Whatsapp dan email, untuk mengingatkan jatuh tempo pembayarannya sebelum telat.

Jika sudah telat 1 hari kamu juga akan mendapatkan pengingat melalui sms, whatsapp dan email juga. Nah bagaimana jika kamu sudah telat berhari hari, bahwa berminggu dan bulan. Apa yang akan terjadi?

1. Peringatan Melalui Telepon

Yang pertama adalah kamu akan dihubungi oleh pihak CS easy cash melalui telepon. Mereka akan menelepon melalui kontak yang kamu daftarkan. Jangan kamu anggap ringan panggilan telepon ini. Karena jika tidak kamu tanggapi, panggilan telepon akan terus berlanjut.

Dan jika sudah lama akan dimasukkan ke proses field collection untuk penagihan melalui debt collector. Kalau sudah masuk ke bagian field collection maka prosesnya sudah menggunakan vendor penagihan. Ini bisa lebih ekstrim lagi untuk mengganggumu.

2. Penagihan Dengan Debt Collector

Field collection ini juga akan menghubungi kamu melalui nomor yang kamu daftarkan. Dan jika tidak kamu perhatikan maka akan melakukan penagihan dilapangan sesuai dengan namanya.

Penagihan ini bisa dilakukan di alamat rumah yang kamu daftarkan atau bahkan yang terburuk adalah dilakukan di kantor tempat kamu bekerja. Teror akan terus kamu dapatkan dari DC terkait. Bahkan nomor kontak terdekat yang berhubungan dengan kamu juga akan diteror untuk meminta bantuan dalam melakukan penagihan.

3. Denda Terlambat Pembayaran Easy Cash

Lalu berapa denda keterlambatan jika kamu kamu telat membayar tagihannya? Kekurangan dari pinjaman online adalah denda keterlambatan akan berlangsung pada hari pertama terlambat dan akan diakumulasikan terus setelahnya.

Nah berikut ini perhitungan denda keterlambatan yang akan kamu dapatkan :

  • Untuk 1 – 2 hari awal, kamu akan mendapatkan denda terlambat sebesar Rp 40.000 dengan ditambah 2% dari pokok pinjaman atau jumlah pinjaman yang kamu ajukan.
  • Setelahnya kamu akan dikenakan 2% dari pokok pinjaman pada hari ke 3 dan seterusnya.
  • Jadi setiap sehari kamu telat setelah 2 hari denda, maka total tagihannya akan bertambah 2% dari pokok pinjaman setiap harinya.

Jangan kamu kira 2% ini kecil ya, karena 2% ini akan ditambahkan terus tiap harinya. Berbeda dengan pinjaman bank yang perhitungan keterlambatannya tidak dihitung dari jumlah harinya.

Jika lama lama kamu biarkan bunga pinjaman keterlambatan ini bisa melebihi dari pokok pinjaman yang kamu bayarkan. Apakah itu saja ? tentu saja tidak.

4. Turunnya Kredit Skor Dari Pinjaman Easy Cash

Easy cash ini juga memberikan fitur kredit skor yang diperuntukkan untuk pinjaman selanjutnya. Jika sudah telat pembayaran, maka kredit skor kamu akan menurun.

Imbasnya adalah jika terus turun, kamu tidak akan mendapatkan pinjaman kembali setelah pinjaman awal selesai dibayar.

Awalnya limit peminjaman kamu akan berkurang dari jumlah awal yang kamu terima sesuai dengan perhitungan skor kreditnya. Selanjutnya jika sudah terlalu parah kamu sudah tidak bisa melakukan pinjaman di easy cash.

5. Terkena BI Checking

Karena ini adalah aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK. Maka akan berpengaruh juga pada BI Checking juga. Selain terkena dampak di aplikasi easy cash nya sendiri kamu juga akan berdampak dan BI Checking.

Hasilnya adalah jika kamu ingin ingin melakukan pinjaman di bank atau ingin pembiayaan KPR menggunakan bank akan ada kesuliatan dalam pembiayaannya. Hal ini karena Easy cash akan memberikan informasi bahwa kamu pernah melakukan keterlambatan bahkan kalau sampai kamu tidak membayar.

Baca Juga >>> 8 Cara Membayar Easy Cash Indomaret Mudah <<<

Penutup

Itu tadi beberapa dampak dari telat bayar easy cash dan juga denda yang kamu dapatkan. Usahakan jangan sampai kamu gali lubang tutup lubang dengan membuka pinjaman di pinjaman online lainnya juga. Karena ini sama saja tidak ada solusi yang kamu dapatkan, malah kamu akan mendapatkan 2 tagihan jika melakukan ini. Jadi ada baiknya untuk membayar tagihannya.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai telat bayar easy cash dan informasi lainnya. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa bayar ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *